Friday, July 29, 2016

Jembatan Akar....



Di Padang terdapat sebuah jembatan unik, bukan dibuat dari kayu, bukan pula dari besi. Namun, jembatan ini dibuat dari akar pokok yang menjalar di tepi sungai.
Jembatan unik ini menjalar akar dari dua pokok yang tumbuh di kedua belah tepi sungai. Jenis pohon ini adalah pokok kubang yang banyak tumbuh di sekitar sungai. Jembatan ini terletak di Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.
Jembatan unik dari akar pokok yang oleh penduduk setempat disebut jembatan Aka ini memiliki keunikan tersendiri. Semakin tua usia jembatan semakin kuat pula daya tahannya. Jembatan dengan panjang 25 meter ini konon diasaskan oleh Pakih Sokan, seorang ulama, dengan menghabiskan masa selama 26 tahun membinanya sejak 1890 hingga 1916.
Untuk pergi ke Jembatan Akar ini boleh menggunakan pengangkutan awam atau kenderan persendirian. Perjalanan bermula dari kota Padang menuju Painan, ibukota kabupaten Pesisir Selatan.
Kemudian dari Painan terus menuju kecamatan Bayang. Bagi pengunjung tidak perlu bimbang kerana di sekitar kecamatan Bayang terdapat banyak hotel untuk menginap dan restoran-restoran yang menyediakan aneka masakan Padang.



No comments: